Jadi Narasumber Kegiatan Bimtek di Kabupaten Nduga, Dosen Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar Perkuat Fungsi Pengawasan Anggota DPRD

  • 04 Juli 2024
  • 08:06 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jadi Narasumber Kegiatan Bimbingan Teknologi (Bimtek) di  Kabupaten Nduga, Dosen Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar Perkuat Fungsi Pengawasan Anggota DPRD

Berlangsung di Hotel Horison, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua 04 Juli 2024, Dosen Ilmu Ekonomi UIN Alauddin Makassar menjadi Narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah Berbasis SIPD bagi anggota DPRD Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Nduga yang mengadirkan Narasumber dari Universitas Hasanuddin Makassar dan UIN Alauddin Makassar.

Dalam pemaparannya, Aulia Rahman B, SE., M.Si menekankan pentingnya anggota DPRD dalam menjalankan fungsi pengawasannya untuk mengontrol roda pemerintahan di Kabupaten Nduga yang dijalankan oleh pihak eksekutif. Membawakan topik 'sinkronisasi perencanaan dan penganggaran dalam SIPD', dia banyak menyoal rendahnya pengawasan anggota legislatif terhadap proses perencanaan sampai penganggaran di Kabupaten Nduga. Lahirnya Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dari Kementerian Dalam Negeri sebagai salah satu wujud dari upaya pemerintah pusat untuk mengontrol pelaksanaan proses perencanaan dan penggunaan anggaran di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, paparnya.

Kami berharap sistem ini dijalankan dengan baik di Kabupaten Nduga sehingga semua stackholder bisa memantau penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini. Karena memang pada prinsipnya SIPD ini berusaha untuk mendisiplinkan proses administrasi pemerintahan daerah. Layanan yang berbasis digital ini menjadi bagaian dari keterbukaan informasi publik, sehingga usulan-usulan dari masyarakat ataupun pokok-pokok pikiran anggota DPRD bisa terakomodasi dalam sistem ini, apalagi kita tau Kabupaten Nduga saat ini masih dalam status konflik, tutupnya.