WORKSHOP IMPLEMENTASI MATA KULIAH MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • 21 Juni 2021
  • 08:08 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam rangka tindak lanjut Surat keputusan Rektor UIN Alauddin Makassar Nomor 377 Tahun 2021 tentang Penetapan Mata Kuliah Wajib Universitas pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sebagai pelaksanaan implementasi Merdeka Belajar Kampus Berdeka (MBKM), Komite Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan “Workshop Implementasi Mata Kuliah Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Senin, (21/6/2021).

Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Antara dan diikuti oleh para Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kasubag Tata Usaha, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua dan Sekertaris Jurusan, TIM KPM dan GPM masing-masing Jurusan lingkup FEBI UIN Alauddin Makassar.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar dalam sambutannya memaparkan, bahwa FEBI UIN Alauddin Makassar siap menindak lanjuti surat keputusan Rektor UIN Alauddin Makassar Nomor 377 Tahun 2021. Sebelum workshop ini diselenggarakan melakukan kegiatan pemetaan Kurikulum Fakultas yang di kembangkan untuk menunjang Visi Misi FEBI UIN Alauddin Makassar. Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag, juga juga menyampaikan untuk suksesnya program ini, Jurusan/Program Studi merupakan garda terdepan untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pendidikan, sehingga Program Studi memiliki peran yang sangat besar dalam proses berjalannya MBKM di FEBI UIN Alauddin Makassar.

Dengan dilaksanakannya workshop ini diharapkan berbagai masalah yang timbul dapat diminimalisir dan didiskusikan bersama.

Dalam kesempatan ini, Dr. M. Wahyuddin Abdullah, S.E., M.Si., Ak.,CA, Wakil Dekan Bidang 1 FEBI UIN Alauddin Makasssar menyampaikan hasil pemetaan kurikulum dan Potensi MBKM FEBI UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan ini juga menghadirikan Narasumber Dr. Hj. Siti Syamsuduha, M.Pd (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan/Pakar Kurikulum UIN Alauddin Makassar) menyajikan materi terkait Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Di dalam penjelasan ibu Dr Sitti Syamsuduha memaparkan empat hal utama terkait MBKM, yakni 1) Apa dan Bagaimana Implementasi MBKM dalam Kurikulum PT?; 2) Bentuk Kegiatan MBKM & Mekanisme Pelaksanaannya; 3) Alur Pengembangan Kurikulum OBC dan MBKM; dan 4) Strategi Implementasi & Penjaminan Mutu
Sementara, Ketua KPM FEBI UIN Alauddin Makassar juga mengungkapkan rasa syukurnya karena Workshop ini dapat terlaksana berjalan sesuai dengan harapan.

“Alhamdulillah kegiatan Workshop ini dapat berjalan dengan baik. Kedepan berharap hasil workshop ini segera masing masing Jurusan menindaklanjti dengan mempersiapkan kurikulum MBKM.


Kontributor: Abdul Rahman